Kaprodi Dr. Muammar, S.Ag., M.Ag
VISI MISI
PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH (PGMI)
SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH (STIT) PEMALANG
VISI
Terwujudnya Program studi PGMI yang Menghasilkan guru kelas Madrasasah Ibtidaiyah yang berkualitas dan profesional pada tahun 2025.
MISI
- Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran dengan model research based learning, problem based learning dan contextual teaching & learning dalam rangka quality assurance;
- Melaksanakan penelitian dalam rangka pengembangan keilmuan dan karya inovatif yang relevan dengan kebutuhan bidang pendidikan;
- Mengembangkan komitmen dan budaya akademik bagi para civitas akademika;
- Mengembangkan pengabdian, jejaring, dan kemitraan, dengan berbagai lembaga pemerintah, satuan pendidikan, dan lembaga lainnya, baik nasional maupun internasional;
- Melaksanakan evaluasi berkelanjutan terhadap penyelenggaraan program studi dalam rangka menjawab kebutuhan stakeholders;
- Menyediakan pelayanan yang penuh tanggung jawab dalam rangka menjalankan tri dharma perguruan tinggi;
- Mengantarkan mahasiswa untuk memantapkan akidah, kedalaman spiritual, kemuliaan etika, kedalaman ilmu dan intelektual, kematangan profesional, ketulusan dedikasi, serta kemajuan inovasi dan prestasi;
- Mewujudkan keteladanan kehidupan masyarakat madani yang berlandaskan nilai-nilai Islam dan tetap menjunjung tinggi budaya luhur bangsa Indonesia, dan
- Menghasilkan lulusan sarjana pendidikan Islam, intektual profesional yang memiliki kualitas keimanan, ketaqwaan dan berakhlak mulia, memiliki kemampuan praktis dan akademis yang profesional serta dapat mengabdikan ilmunya untuk kepentingan bangsa dan negara dalam mewujudkan masyarakat adil dan makmur yang diridloi Allah SWT.
TUJUAN
- Mendidik dan menghasilkan tenaga guru di tingkat SD, yang memiliki kualifikasi akademik, kompetensi pedagogik, kepribadian dan sosial;
- Memberikan perhatian yang serius pada pengadaan/penyiapan tenaga pendidikan yang professional dan yang memiliki nilai tambah;
- Secara khusus berupaya mendidik dan melatih mahasiswa agar memiliki ciri-ciri menjadi sarjana yang berkemampuan tinggi dan berwawasan luas, menguasai bidang studi tertentu, sehingga mampu memanfaatkannya dalam lembaga pendidikan sekolah dan luar sekolah, serta lembaga lain yang terkait serta mampu mengaktualisasikan diri sebagai pribadi maupun sebagai anggota masyarakat;
- Memberikan kesempatan kepada warga negara untuk memperoleh pendidikan yang lebih tinggi;
- Berupaya mewujudkan suatu program studi yang bermutu, kompetitif di tingkat nasional maupun global;
- Menghasilkan lulusan yang berkualitasl, kompetitif, dan profesional dalam bidang keguruan MI/SD yang memiliki:
a. Kompetensi Pedagogik: Menguasai karakteristik peserta didik, menguasai teori belajar, mengembangkan kurikulum, memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, menyelenggarakan evaluasi pembelajaran, dan melakukan tindakan ref ektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran MI/SD;
b. Kompetensi Kepribadian: Memiliki etos kerja yang produktif dan menjunjung tinggi kode etik profesi guru MI/SD;
c. Kompetensi Sosial: Bersikap inklusif, objektif, empatik, dan berkomunikasi secara efektif dalam melaksanakan tugas profesi keguruan pada jenjang MI/SD;
d. Kompetensi Profesional: Menguasai keilmuan, mengembangkan materi secara kreatif dan inovatif, serta mengembangkan keprofesionalan bidang pengajaran pada jenjang MI/SD.
KURIKULUM
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH (PGMI)
SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH (STIT) PEMALANG
NO | KODE MK | MATA KULIAH | SKS |
I. MATA KULIAH PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN (MPK) | |||
1 | STT-101 | Pendidikan Kewarganegaraan | 2 |
2 | STT-102 | Ulumul Qur’an | 3 |
3 | STT-103 | Ulumul Hadits | 3 |
4 | STT-104 | Ilmu Sosial dan Budaya Dasar | 3 |
5 | STT-105 | Pengantar Filsafat | 2 |
II. MATA KULIAH KEILMUAN DAN KETRAMPILAN (MKK) | |||
1 | STT-206 | BTQ | 2 |
2 | STT-207 | Bahasa Arab Dasar | 2 |
3 | STT-208 | Bahasa Arab I | 2 |
4 | STT-209 | Bahasa Arab II | 2 |
5 | STT-210 | Bahasa Inggris Dasar | 2 |
6 | STT-211 | Bahasa Inggris I | 2 |
7 | STT-212 | Bahasa Inggris II | 2 |
8 | STT-213 | Bahasa Indonesia | 3 |
9 | STT-214 | Metodologi Studi Islam | 3 |
10 | STT-215 | Metodologi Penelitian | 3 |
11 | STT-216 | Statistik Deskriptif | 3 |
12 | STT-217 | Statistik inferensial | 3 |
13 | STT-218 | Pengantar Agama Islam | 2 |
14 | TAR-201 | Sejarah Peradaban Islam | 2 |
15 | TAR 202 | Sejarah Pendidikan Islam | 2 |
16 | TAR-203 | Ushul Fiqh | 3 |
17 | TAR-204 | Fiqh | 3 |
18 | TAR-205 | Tafsir | 3 |
19 | TAR-206 | Hadits | 3 |
20 | TAR-207 | Psikologi | 2 |
21 | TAR-208 | Ilmu Tauhid | 2 |
22 | TAR-209 | Ilmu Pendidikan | 3 |
23 | PGM-201 | Pembelajaran FiqhMI/SD | 2 |
24 | PGM-202 | Pembelajaran Quran Hadist MI/SD | 2 |
25 | PGM-203 | Pembelajaran Aqidah AhlakMI/SD | 2 |
26 | PGM-204 | Pembelajaran SKI MI/SD | 2 |
27 | PGM-205 | Pembelajaran Bahasa Arab MI/SD | 2 |
28 | PGM-206 | Pembelajaran PKn MI/SD | 2 |
29 | PGM-207 | Konsep Dasar Matematika MI/SD | 2 |
30 | PGM-208 | Pembelajaran MatematikaMI/SD | 2 |
31 | PGM-209 | Pembelajaran BI dan Sastra MI/SD | 2 |
32 | PGM-210 | Konsep Dasar Sains MI/SD | 2 |
33 | PGM-211 | Pembelajaran Sains MI/SD | 2 |
34 | PGM-212 | Konsep Dasar IPS MI/SD | 2 |
35 | PGM-213 | Pembelajaran IPS MI/SD | 2 |
36 | PGM-214 | Bahasa Daerah dan Pembelajarannya | 2 |
37 | PGM-215 | Penjaskes MI/SD | 2 |
38 | PGM-216 | Pendidikan Kertangkes MI/SD | 2 |
III. MATA KULIAH KEAHLIAN BERKARYA (MKB) | |||
1 | TAR-310 | Ilmu Pendidikan Islam | 3 |
2 | TAR-311 | Filsafat Pendidikan Islam | 3 |
3 | TAR-312 | Bimbingan dan Konseling | 2 |
4 | PGM-317 | Strategi Belajar Mengajar | 2 |
5 | PGM-318 | Media Pembelajaran | 2 |
6 | PGM-319 | Evaluasi PendidikanMI/SD | 3 |
7 | PGM-320 | Psikologi Pendidikan | 3 |
8 | PGM-321 | Psikologi Perkembangan Anak | 2 |
9 | PGM-322 | Telaah Kurikulum MI/SD | 2 |
10 | PGM-323 | Perencanaan Pembelajaran MI/SD | 3 |
11 | PGM-324 | Etika Profesi Keguruan | 2 |
12 | PGM-325 | Pembelajaran Terpadu MI/SD | 2 |
IV. MATA KULIAH PERILAKU BERKARYA (MPB) | |||
1 | TAR-413 | Ilmu Tasawuf | 2 |
2 | TAR-414 | Micro Teaching | 3 |
3 | TAR-415 | Praktek Pengalaman lapangan (PPL) | 3 |
4 | TAR-416 | Praktek Kerja Lapangan (PKL) | 2 |
V. MATA KULIAH BERKEHIDUPAN BERMASYARAKAT (MBB) | |||
1 | STT-519 | Kuliah Kerja Nyata | 4 |
2 | STT-520 | Skripsi | 6 |
3 | STT-521 | Kewirausahaan | 2 |
T O T A L | 150 |
KETERANGAN :
Hitam : MATA KULIAH WAJIB
Hijau : MATA KULIAH PILIHAN
SEBARAN MATA KULIAH
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH (PGMI)
SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH (STIT) PEMALANG
Semester I | |||
1 | STT-101 | Pendidikan Kewarganegaraan** | 2 |
2 | STT-102 | Ulumul Qur’an** | 3 |
3 | STT-103 | Ulumul Hadits** | 3 |
4 | STT-104 | Ilmu Sosial dan Budaya Dasar** | 3 |
5 | STT-206 | BTQ** | 2 |
6 | STT-207 | Bahasa Arab Dasar** | 2 |
7 | STT-210 | Bahasa Inggris Dasar** | 2 |
8 | STT-213 | Bahasa Indonesia** | 3 |
9 | STT-218 | Pengantar Agama Islam** | 2 |
22 | |||
Semester II | |||
1 | STT-105 | Pengantar Filsafat | 2 |
2 | STT-208 | Bahasa Arab I | 2 |
3 | STT-211 | Bahasa Inggris I | 2 |
4 | STT-214 | Metodologi Studi Islam | 3 |
5 | TAR-201 | Sejarah Peradaban Islam | 2 |
6 | TAR-203 | Ushul Fiqh | 3 |
7 | TAR-208 | Ilmu Tauhid | 2 |
8 | TAR-209 | Ilmu Pendidikan* | 3 |
9 | TAR-413 | Ilmu Tasawuf | 2 |
21 | |||
Semester III | |||
1 | STT-209 | Bahasa Arab II | 2 |
2 | STT-212 | Bahasa Inggris II | 2 |
3 | TAR-204 | Fiqh | 3 |
4 | TAR-205 | Tafsir | 3 |
5 | TAR-206 | Hadits | 3 |
6 | TAR-207 | Psikologi | 2 |
7 | TAR-310 | Ilmu Pendidikan Islam* | 3 |
8 | PGM-318 | Media Pembelajaran | 2 |
9 | PGM-210 | Konsep Dasar Sains MI/SD | 2 |
22 | |||
Semester IV | |||
1 | STT-215 | Metodologi Penelitian | 3 |
2 | STT-216 | Statistik Deskriptif | 3 |
3 | TAR 202 | Sejarah Pendidikan Islam | 2 |
4 | PGM-215 | Penjaskes MI/SD | 2 |
5 | PGM-211 | Pembelajaran Sains MI/SD | 2 |
6 | PGM-209 | Pembelajaran BI dan Sastra MI/SD | 2 |
7 | PGM-207 | Konsep Dasar Matematika MI/SD | 2 |
8 | PGM-212 | Konsep Dasar IPS MI/SD | 2 |
9 | PGM-320 | Psikologi Pendidikan | 3 |
10 | PGM-323 | Perencanaan Pembelajaran MI/SD | 3 |
24 | |||
Semester V | |||
1 | STT-217 | Statistik Inferensial | 3 |
2 | STT-521 | Kewirausahaan | 2 |
3 | TAR-311 | Filsafat Pendidikan Islam | 3 |
4 | PGM-208 | Pembelajaran MatematikaMI/SD | 2 |
5 | PGM-213 | Pembelajaran IPS MI/SD | 2 |
6 | PGM-214 | Bahasa Daerah dan Pembelajarannya | 2 |
7 | PGM-321 | Psikologi Perkembangan Anak | 2 |
8 | PGM-317 | Strategi Belajar Mengajar | 2 |
9 | PGM-322 | Telaah Kurikulum MI/SD | 2 |
10 | PGM-203 | Pembelajaran Aqidah AhlakMI/SD | 2 |
22 | |||
Semester VI | |||
1 | TAR-414 | Micro Teaching | 3 |
2 | PGM-202 | Pembelajaran Quran Hadist MI/SD | 2 |
3 | PGM-204 | Pembelajaran SKI MI/SD | 2 |
4 | PGM-206 | Pembelajaran PKn MI/SD | 2 |
5 | PGM-205 | Pembelajaran Bahasa Arab MI/SD | 2 |
6 | PGM-319 | Evaluasi PendidikanMI/SD | 3 |
7 | PGM-324 | Etika Profesi Keguruan | 2 |
8 | PGM-201 | Pembelajaran FiqhMI/SD | 2 |
9 | PGM-216 | Pendidikan Kertangkes MI/SD | 2 |
10 | TAR-416 | Praktek Kerja Lapangan (PKL) | 2 |
22 | |||
Semester VII | |||
1 | TAR-312 | Bimbingan dan Konseling | 2 |
2 | TAR-415 | Praktek Pengalaman lapangan (PPL) | 3 |
3 | PGM-325 | Pembelajaran Terpadu MI/SD | 2 |
7 | |||
Semester VIII | |||
1 | STT-519 | Kuliah Kerja Nyata (KKN) | 4 |
2 | STT-520 | Skripsi | 6 |
10 | |||
TOTAL | 150 |