Kaprodi IBNI TRISAL ADAM M. Hum., S.S
VISI MISI
PENDIDIKAN BAHASA ARAB (PBA)
INSTITUT AGAMA ISLAM PEMALANG
VISI
Menjadi program studi pendidikan bahasa Arab yang unggul dalammenghasilkan sarjana pendidikan bahasa arab yang berkualitas dan profesioanl di tahun 2025.
MISI
- Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran bahasa Arab secara professional dalam rangka menghasilkan tenaga pendidikdan/atau praktisi yang unggul, kompetitif, professional serta memiliki komitmen yang tinggi terhadap nilai-nilai keagamaan;
- Mengembangkan penelitian yang kreatif dan inovatif untuk mengembangkan keterampilan dalam bidang pendidikan bahasa Arab;
- Menyelenggarakan pengabdian kepada lembaga-lembaga pendidikan atau masyarakat yang sesuai dengan dalam bidang bahasa Arab;
- Melaksanakan pengelolaan program studi sesuai dengan sistem tata kelola yang baik.
TUJUAN
- Menjadi pusat studi bahasa arab yang unggul dan Menghasilkan lulusan tenaga pendidikan atau praktisi bahasa Arab yang memiliki kompetensi sesuai dengan tuntutan profesionalitas dan memiliki integritas keagamaan;
- Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi untuk mengembangkan inovasi pendidikan dan/atau pembelajaran bahasa Arab;
- Menghasilkan penelitian yang dapat dijadikan rujukan dalam pengembangan Bahasa Arab di sekolah/madrasah, pondok pesantren, dan lembaga pendidikan lainnya;
- Menjadi program studi dengan tata kelola yang baik.
KURIKULUM
PENDIDIKAN BAHASA ARAB (PBA)
SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH (STIT) PEMALANG
Semester | Kode MK | Nama Mata Kuliah | Bobot SKS | |
1 | STT-101 | Pendidikan Kewarganegaraan | 2 | |
1 | STT-102 | Ulumul Qur’an | 3 | |
1 | STT-103 | Ulumul Hadits | 3 | |
1 | STT-104 | Ilmu Sosial dan Budaya Dasar | 3 | |
1 | STT-206 | BTQ | 2 | |
1 | STT-207 | Bahasa Arab Dasar | 2 | |
1 | STT-210 | Bahasa Inggris Dasar | 2 | |
1 | STT-213 | Bahasa Indonesia | 3 | |
1 | STT-218 | Pengantar Agama Islam | 2 | |
2 | STT-105 | Pengantar Filsafat | 2 | |
2 | STT-208 | Bahasa Arab I | 2 | |
2 | STT-211 | Bahasa Inggris I | 2 | |
2 | STT-214 | Metodologi Studi Islam | 3 | |
2 | TAR-201 | Sejarah Peradaban Islam | 2 | |
2 | TAR-203 | Ushul Fiqh | 3 | |
2 | TAR-208 | Ilmu Tauhid | 2 | |
2 | TAR-209 | Ilmu Pendidikan | 3 | |
2 | TAR-413 | Ilmu Tasawuf | 2 | |
3 | STT-209 | Bahasa Arab II | 2 | |
3 | STT-212 | Bahasa Inggris II | 2 | |
3 | TAR-204 | Fiqh | 3 | |
3 | TAR-205 | Tafsir | 3 | |
3 | TAR-206 | Hadits | 3 | |
3 | TAR-207 | Psikologi | 2 | |
3 | TAR-310 | Ilmu Pendidikan Islam | 3 | |
3 | PBA-303 | Media Pembelajaran Bahasa Arab | 2 | |
3 | PBA-306 | Nahwu I | 2 | |
4 | STT-215 | Metodologi Penelitian | 3 | |
4 | STT-216 | Statistik Deskriptif | 3 | |
4 | TAR 202 | Sejarah Pendidikan Islam | 2 | |
4 | PBA-308 | Sharf I | 2 | |
4 | PBA-310 | Istima I | 2 | |
4 | PBA-312 | Kitabah | 2 | |
4 | PBA-305 | Telaah Materi Bahasa Arab MI, MTs, dan MA | 3 | |
4 | PBA-315 | Qiraah I | 2 | |
4 | PBA-307 | Nahwu II | 2 | |
4 | PBA-304 | Manajemen Pembelajaran Bahasa Arab | 3 | |
5 | STT-217 | Statistik Inferensial | 3 | |
5 | STT-521 | Kewirausahaan | 2 | |
5 | TAR-311 | Filsafat Pendidikan Islam | 3 | |
5 | PBA-309 | Sharf II | 2 | |
5 | PBA-311 | Istima II | 2 | |
5 | PBA-313 | Khitabah | 2 | |
5 | PBA-316 | Qiraah II | 2 | |
5 | PBA-319 | Balaghah I | 2 | |
5 | PBA-314 | Muhadatsah | 2 | |
6 | TAR-414 | Micro Teaching | 3 | |
6 | PBA-301 | Metodologi Penelitian Bahasa Arab | 3 | |
6 | PBA-321 | Pengembangan Kurikulum PBA | 2 | |
6 | PBA-302 | Perencanaan Sistem PBA | 2 | |
6 | PBA-318 | Ilmu Dalalah (Semantik) | 2 | |
6 | PBA-320 | Balaghah II | 2 | |
6 | PBA-322 | Lingustik | 2 | |
6 | PBA-323 | Insya’ | 2 | |
6 | PBA-324 | Tarjamah | 2 | |
7 | TAR-312 | Bimbingan dan Konseling | 2 | |
7 | TAR-415 | Praktek Pengalaman lapangan (PPL) | 3 | |
7 | TAR-416 | Kuliah Kerja Lapangan (KKL) | 2 | |
7 | PBA-525 | Fiqh Al Lughoh | 2 | |
7 | PBA-317 | Tarikh Adab | 2 | |
8 | STT-519 | Kuliah Kerja Nyata (KKN) | 4 | |
8 | STT-520 | Skripsi | 6 |
INSTITUT AGAMA ISLAM PEMALANG