S1 Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)

Kaprodi ASRUL FARUQ M.Pd I, S.Pd.I

VISI  MISI

PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI (PIAUD)

SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH (STIT) PEMALANG

VISI

Terwujudnya Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini dalam menghasilkan pendidik pada jenjang pendidikan Usia Dini yang berkualitas dan profsional tahun 2025

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang inovatif, dan berkarakter ke-Islaman, serta bermutu tinggi untuk memenuhi perkembangan kebutuhan Pendidikan usia dini yang berkualitas dan profesional;
  2. Mengembangkan penelitian yang inovatif dalam bidang Pendidikan usia dini yang berkualitas dan profesional;
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat untuk pengembangan dan penerapan ilmu Pendidikan usia dini berbasis kearifan lokal;
  4. Menyelenggarakan dan memperluas jaringan kerjasama dan kemitraan dengan berbagai pihak yang terkait dengan jenjang Pendidikan usia dini;
  5. Menyelenggarakan administrasi pendidikan tinggi yang modern dan efisien, akuntabel, dan transparan;
  6. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran dengan model research based learning, problem based learning dan contextual teaching & learning dalam rangka quality assurance;
  7. Melaksanakan penelitian dalam rangka pengembangan keilmuan dan karya inovatif yang relevan dengan kebutuhan bidang pendidikan;
  8. Mengembangkan komitmen dan budaya akademik bagi para civitas akademika;
  9. Mengembangkan pengabdian, jejaring, dan kemitraan, dengan berbagailembaga pemerintah, satuan pendidikan, dan lembaga lainnya, baik nasional maupun internasional;
  10. Melaksanakan evaluasi berkelanjutan terhadap penyelenggaraan program studi dalam rangka menjawab kebutuhan stakeholders;
  11. Menyediakan pelayanan yang penuh tanggung jawab dalam rangka menjalankan tri dharma perguruan tinggi;
  12. Mengantarkan mahasiswa untuk memantapkan akidah, kedalaman spiritual, kemuliaan etika, kedalaman ilmu dan intelektual, kematangan profesional, ketulusan dedikasi, serta kemajuan inovasi dan prestasi;
  13. Mewujudkan keteladanan kehidupan masyarakat madani yang berlandaskan nilai-nilai Islam dan tetap menjunjung tinggi budaya luhur bangsa Indonesia, dan
  14. Menghasilkan lulusan sarjana pendidikan Islam, intektual profesional yang memiliki kualitas keimanan, ketaqwaan dan berakhlak mulia, memiliki kemampuan praktis dan akademis yang profesional serta dapat mengabdikan ilmunya untuk kepentingan bangsa dan negara dalam mewujudkan masyarakat adil dan makmur yang diridloi Allah SWT.

TUJUAN

  1. Mendidik dan menghasilkan tenaga guru yang memiliki kualifikasi akademik, kompetensi pedagogik, kepribadian dan sosial;
  2. Memberikan perhatian yang serius pada pengadaan/penyiapan tenaga pendidikan yang professional dan yang memiliki nilai tambah;
  3. Secara khusus berupaya mendidik dan melatih mahasiswa agar memiliki ciri-ciri menjadi sarjana yang berkemampuan tinggi dan berwawasan luas, menguasai bidang studi tertentu, sehingga mampu memanfaatkannya dalam lembaga pendidikan sekolah dan luar sekolah, serta lembaga lain yang terkait serta mampu mengaktualisasikan diri sebagai pribadi maupun sebagai anggota masyarakat;
  4. Memberikan kesempatan kepada warga negara untuk memperoleh pendidikan yang lebih tinggi;
  5. Berupaya mewujudkan suatu program studi yang bermutu, kompetitif di tingkat nasional maupun global;
  6. Menghasilkan lulusan yang unggul, kompetitif, dan profesional dalam bidang keguruan AUD yang memiliki:

a. Kemampuan mendidik anak, yaitu menguasai karakteristik siswa, menguasai teori belajar, mengembangkan kurikulum, memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, menyelenggarakan evaluasi pembelajaran, dan melakukan tindakan ref ektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran AUD;

b. Kompetensi Kepribadian: Memiliki etos kerja yang produktif dan menjunjung tinggi kode etik profesi guru AUD;

c. Kompetensi Sosial: Bersikap inklusif, objektif, empatik, dan berkomunikasi secara efektif dalam melaksanakan tugas profesi keguruan pada jenjang AUD;

d. Kompetensi Profesional: Menguasai keilmuan, mengembangkan materi secara kreatif dan inovatif, serta mengembangkan keprofesionalan bidang pengajaran pada jenjang AUD.

KURIKULUM

PROGRAM STUDI PENIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI (PIAUD)

SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH (STIT) PEMALANG

NOKODE MKMATA KULIAHSKS
I. MATA KULIAH PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN (MPK)
1STT-101Pendidikan Kewarganegaraan2
2STT-102Ulumul Qur’an3
3STT-103Ulumul Hadits3
4STT-104Ilmu Sosial dan Budaya Dasar3
5STT-105Pengantar Filsafat2
II. MATA KULIAH KEILMUAN DAN KETRAMPILAN (MKK)
1STT-206Baca Tulis Qur’an2
2STT-207Bahasa Arab Dasar2
3STT-208Bahasa Arab I2
4STT-209Bahasa Arab II2
5STT-210Bahasa Inggris Dasar2
6STT-211Bahasa Inggris I2
7STT-212Bahasa Inggris II2
8STT-213Bahasa Indonesia3
9STT-214Metodologi Studi Islam3
10STT-215Metodologi Penelitian3
11STT-217Statistik Pendidikan3
12STT-218Pengantar Agama Islam2
13TAR-201Sejarah Peradaban Islam2
14TAR 202Sejarah Pendidikan Islam2
15TAR-203Ushul Fiqh3
16TAR-204Fiqh3
17TAR-205Tafsir3
18TAR-206Hadits3
19TAR-207Psikologi2
20TAR-208Ilmu Tauhid2
21AUD-201Pengantar Pendidikan AUD2
22AUD-202Keterampilan AUD2
23AUD-203Kesehatan dan Gizi AUD2
24AUD-204Keterampilan Parenting2
25AUD-205Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus*2
26AUD-206Evaluasi Pembelajaran AUD2
27AUD-207Psikologi Perkembangan Anak2
28AUD-208Media Pembelajaran AUD2
III. MATA KULIAH KEAHLIAN BERKARYA (MKB)
1TAR-309Ilmu Pendidikan Islam3
2TAR-310Filsafat Pendidikan Islam3
3AUD-309Metode Pembelajaran Membaca Al-Qur’an AUD2
4AUD-310Bermain dan Permainan AUD2
5AUD-311Problematika AUD2
6AUD-312Psikologi Pendidikan Anak2
7AUD-313Pengembangan Kurikulum AUD2
8AUD-314Perencanaan Pembelajaran AUD2
9AUD-315Manajemen Pendidikan AUD2
10AUD-316Bimbingan Konseling AUD*2
11AUD-317Pendidikan Karakter AUD2
12AUD-318Pendidikan Anak dalam Keluarga2
13AUD-319Pembelajaran Seni Musik AUD2
14AUD-320Pembelajaran Seni Tari AUD2
15AUD-321Pembelajaran Seni Rupa AUD2
16AUD-322Pembelajaran Bercerita AUD2
17AUD-323Pembelajaran Matematika dan Sains AUD2
18AUD-324Penelitian Tindakan Kelas AUD2
IV. MATA KULIAH PERILAKU BERKARYA (MPB)
1TAR-412Ilmu Tasawuf*2
2TAR-413Micro Teaching3
3TAR-414PPL dan PKL4
4AUD-425Assesment AUD2
5AUD-426Pengembangan Sosio Emosional AUD2
6AUD-427Pengembangan Bahasa AUD2
7AUD-428Pengembangan Kreativitas Seni AUD2
8AUD-429Pengembangan Kognitif dan Afektif AUD3
9AUD-430Pengembangan Sensorik dan Motorik AUD3
V. MATA KULIAH BERKEHIDUPAN BERMASYARAKAT (MBB)
1STT-519Kuliah Kerja Nyata4
2STT-520Skripsi6
3STT-521Kewirausahaan*2
Mata Kuliah Wajib142
Mata Kuliah Pilihan8
TOTAL150

KETERANGAN :

Hitam : MATA KULIAH WAJIB

Hijau   : MATA KULIAH PILIHAN