Kaprodi ASRUL FARUQ M.Pd I, S.Pd.I

VISI  MISI

PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI (PIAUD)

SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH (STIT) PEMALANG

VISI

Terwujudnya Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini dalam menghasilkan pendidik pada jenjang pendidikan Usia Dini yang berkualitas dan profsional tahun 2025

 

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang inovatif, dan berkarakter ke-Islaman, serta bermutu tinggi untuk memenuhi perkembangan kebutuhan Pendidikan usia dini yang berkualitas dan profesional;
  2. Mengembangkan penelitian yang inovatif dalam bidang Pendidikan usia dini yang berkualitas dan profesional;
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat untuk pengembangan dan penerapan ilmu Pendidikan usia dini berbasis kearifan lokal;
  4. Menyelenggarakan dan memperluas jaringan kerjasama dan kemitraan dengan berbagai pihak yang terkait dengan jenjang Pendidikan usia dini;
  5. Menyelenggarakan administrasi pendidikan tinggi yang modern dan efisien, akuntabel, dan transparan;
  6. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran dengan model research based learning, problem based learning dan contextual teaching & learning dalam rangka quality assurance;
  7. Melaksanakan penelitian dalam rangka pengembangan keilmuan dan karya inovatif yang relevan dengan kebutuhan bidang pendidikan;
  8. Mengembangkan komitmen dan budaya akademik bagi para civitas akademika;
  9. Mengembangkan pengabdian, jejaring, dan kemitraan, dengan berbagailembaga pemerintah, satuan pendidikan, dan lembaga lainnya, baik nasional maupun internasional;
  10. Melaksanakan evaluasi berkelanjutan terhadap penyelenggaraan program studi dalam rangka menjawab kebutuhan stakeholders;
  11. Menyediakan pelayanan yang penuh tanggung jawab dalam rangka menjalankan tri dharma perguruan tinggi;
  12. Mengantarkan mahasiswa untuk memantapkan akidah, kedalaman spiritual, kemuliaan etika, kedalaman ilmu dan intelektual, kematangan profesional, ketulusan dedikasi, serta kemajuan inovasi dan prestasi;
  13. Mewujudkan keteladanan kehidupan masyarakat madani yang berlandaskan nilai-nilai Islam dan tetap menjunjung tinggi budaya luhur bangsa Indonesia, dan
  14. Menghasilkan lulusan sarjana pendidikan Islam, intektual profesional yang memiliki kualitas keimanan, ketaqwaan dan berakhlak mulia, memiliki kemampuan praktis dan akademis yang profesional serta dapat mengabdikan ilmunya untuk kepentingan bangsa dan negara dalam mewujudkan masyarakat adil dan makmur yang diridloi Allah SWT.

 

TUJUAN

  1. Mendidik dan menghasilkan tenaga guru yang memiliki kualifikasi akademik, kompetensi pedagogik, kepribadian dan sosial;
  2. Memberikan perhatian yang serius pada pengadaan/penyiapan tenaga pendidikan yang professional dan yang memiliki nilai tambah;
  3. Secara khusus berupaya mendidik dan melatih mahasiswa agar memiliki ciri-ciri menjadi sarjana yang berkemampuan tinggi dan berwawasan luas, menguasai bidang studi tertentu, sehingga mampu memanfaatkannya dalam lembaga pendidikan sekolah dan luar sekolah, serta lembaga lain yang terkait serta mampu mengaktualisasikan diri sebagai pribadi maupun sebagai anggota masyarakat;
  4. Memberikan kesempatan kepada warga negara untuk memperoleh pendidikan yang lebih tinggi;
  5. Berupaya mewujudkan suatu program studi yang bermutu, kompetitif di tingkat nasional maupun global;
  6. Menghasilkan lulusan yang unggul, kompetitif, dan profesional dalam bidang keguruan AUD yang memiliki:

a. Kemampuan mendidik anak, yaitu menguasai karakteristik siswa, menguasai teori belajar, mengembangkan kurikulum, memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, menyelenggarakan evaluasi pembelajaran, dan melakukan tindakan ref ektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran AUD;

b. Kompetensi Kepribadian: Memiliki etos kerja yang produktif dan menjunjung tinggi kode etik profesi guru AUD;

c. Kompetensi Sosial: Bersikap inklusif, objektif, empatik, dan berkomunikasi secara efektif dalam melaksanakan tugas profesi keguruan pada jenjang AUD;

d. Kompetensi Profesional: Menguasai keilmuan, mengembangkan materi secara kreatif dan inovatif, serta mengembangkan keprofesionalan bidang pengajaran pada jenjang AUD.

 

KURIKULUM

PROGRAM STUDI PENIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI (PIAUD)

SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH (STIT) PEMALANG

 

NO KODE MK MATA KULIAH SKS
I. MATA KULIAH PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN (MPK)
1 STT-101 Pendidikan Kewarganegaraan 2
2 STT-102 Ulumul Qur’an 3
3 STT-103 Ulumul Hadits 3
4 STT-104 Ilmu Sosial dan Budaya Dasar 3
5 STT-105 Pengantar Filsafat 2
II. MATA KULIAH KEILMUAN DAN KETRAMPILAN (MKK)
1 STT-206 Baca Tulis Qur’an 2
2 STT-207 Bahasa Arab Dasar 2
3 STT-208 Bahasa Arab I 2
4 STT-209 Bahasa Arab II 2
5 STT-210 Bahasa Inggris Dasar 2
6 STT-211 Bahasa Inggris I 2
7 STT-212 Bahasa Inggris II 2
8 STT-213 Bahasa Indonesia 3
9 STT-214 Metodologi Studi Islam 3
10 STT-215 Metodologi Penelitian 3
11 STT-217 Statistik Pendidikan 3
12 STT-218 Pengantar Agama Islam 2
13 TAR-201 Sejarah Peradaban Islam 2
14 TAR 202 Sejarah Pendidikan Islam 2
15 TAR-203 Ushul Fiqh 3
16 TAR-204 Fiqh 3
17 TAR-205 Tafsir 3
18 TAR-206 Hadits 3
19 TAR-207 Psikologi 2
20 TAR-208 Ilmu Tauhid 2
21 AUD-201 Pengantar Pendidikan AUD 2
22 AUD-202 Keterampilan AUD 2
23 AUD-203 Kesehatan dan Gizi AUD 2
24 AUD-204 Keterampilan Parenting 2
25 AUD-205 Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus* 2
26 AUD-206 Evaluasi Pembelajaran AUD 2
27 AUD-207 Psikologi Perkembangan Anak 2
28 AUD-208 Media Pembelajaran AUD 2
III. MATA KULIAH KEAHLIAN BERKARYA (MKB)
1 TAR-309 Ilmu Pendidikan Islam 3
2 TAR-310 Filsafat Pendidikan Islam 3
3 AUD-309 Metode Pembelajaran Membaca Al-Qur’an AUD 2
4 AUD-310 Bermain dan Permainan AUD 2
5 AUD-311 Problematika AUD 2
6 AUD-312 Psikologi Pendidikan Anak 2
7 AUD-313 Pengembangan Kurikulum AUD 2
8 AUD-314 Perencanaan Pembelajaran AUD 2
9 AUD-315 Manajemen Pendidikan AUD 2
10 AUD-316 Bimbingan Konseling AUD* 2
11 AUD-317 Pendidikan Karakter AUD 2
12 AUD-318 Pendidikan Anak dalam Keluarga 2
13 AUD-319 Pembelajaran Seni Musik AUD 2
14 AUD-320 Pembelajaran Seni Tari AUD 2
15 AUD-321 Pembelajaran Seni Rupa AUD 2
16 AUD-322 Pembelajaran Bercerita AUD 2
17 AUD-323 Pembelajaran Matematika dan Sains AUD 2
18 AUD-324 Penelitian Tindakan Kelas AUD 2
IV. MATA KULIAH PERILAKU BERKARYA (MPB)
1 TAR-412 Ilmu Tasawuf* 2
2 TAR-413 Micro Teaching 3
3 TAR-414 PPL dan PKL 4
4 AUD-425 Assesment AUD 2
5 AUD-426 Pengembangan Sosio Emosional AUD 2
6 AUD-427 Pengembangan Bahasa AUD 2
7 AUD-428 Pengembangan Kreativitas Seni AUD 2
8 AUD-429 Pengembangan Kognitif dan Afektif AUD 3
9 AUD-430 Pengembangan Sensorik dan Motorik AUD 3
V. MATA KULIAH BERKEHIDUPAN BERMASYARAKAT (MBB)
1 STT-519 Kuliah Kerja Nyata 4
2 STT-520 Skripsi 6
3 STT-521 Kewirausahaan* 2
Mata Kuliah Wajib 142
Mata Kuliah Pilihan 8
TOTAL 150

 

KETERANGAN :

Hitam : MATA KULIAH WAJIB

Hijau   : MATA KULIAH PILIHAN