PROGRAM KERJA

LEMBAGA PENDIDIKAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA KELUARGA INDONESIA (LP2SDKI) PEMALANG

Tahun 2016/2019

 

I.             PROGRAM BIDANG KONSOLIDASI LEMBAGA

  1. Memantapkan dan meningkatkan idialisme, keyakinan, pemahaman penghayatan tentang Islam bagi setiap pimpinan dalam rangka mencapai tujuan.
  2. Meningkatkan dan mengembangkan kulaitas wawasan bagi pimpinan dalam segala bidang.
  3. Memantapkan pengembangan mekanisme Lembaga, kesatupaduan Lembaga kepemimpinan serta komunikasi Lembaga yang baik di seluruh tingkatan.
  4. Meningkatkan kesamaan sikap dan wawasan pemikiran serta kesatuan langkah segenap anggota pimpinan di semua tingkatan dalam memimpin gerak terciptanya keutuhan Lembaga untuk mencapai tujuan.
  5. Penataan struktur Lembaga dengan segenap amal usahanya agar berfungsi secara efektif dan efesien sehingga mampu mendukung seluruh gerak Lembaga.
  6. Meningkagtkan pembinaan dijajaran pelaksana organisasi Yayasan LP2SDKI Pemalang, sehingga memiliki wawasan yang sama dan ketangguhan dalam mengelola serta terwujudnya kehidupan organisasi yang dinamis, kebersamaan dan keterbukaan.
  7. Beragamnya permasalahan penyelenggara maupun pelaksana organisasi dalam cara menanggapi dan merespon masalah yang timbul, maka diperlukan pedoman pokok norma pengelolaan Yayasan LP2SDKI Pemalang yang baku dan ditetapkan dalam keputusan Rapat Kerja Pimpinan.
  8. Dalam meningkatkan pengelolaan organisasi secara modern, maka secara formal pimpinan dan staf secara bertahap diikutikan pelatihan-pelatihan sesuai dengan jenis dan jenjangnya baik yang dilakukan oleh persyarikatan maupun pemerintah.
  9. Peningkatan dan penertiban seluruh administrasi organisasi, dalam upaya mendukung kerapihan organisasi, yang meliputi administrasi pimpinan, kegiatan, dan administrasi keuangan.
  10. Melengkapi sarana administrasi ketata-usahaan, dari yang bersifat sederhana sampai yang bersifat canggih, seperti komputer, file arsip, almari arsip dll.
  11. Penyusunan pedoman administrasi organisasi, kurikulum & silabus, program kerja serta arah kebijakan organisasi dalam in put dan out put alumni organisasi.

 

II.           PROGRAM BIDANG PENDIDIKAN DAN PELATIHAN

  1. Meningkatkan penyelenggaraan pendidikan formal yaitu SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH (STIT) PEMALANG.
  2. Mengembangkan berbagai jenis kegiatan melalui play group sebagai pusat kegiatan pembinaan untuk anak-anak.
  3. Menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan yang diarahkan pada terciptanya kualitas peran LSM sehingga berpengaruh dalam meningkatkan kehidupan masyarakat untuk kesejahteraan lahiriah maupun batiniah.
  4. Penyelenggaraan Pelatihan yang dikemas dan dikembangkan dengan pendekatan andragogy dalam menuntun masyarakat yang memerlukan peningkatan pemahaman dan pemikiran serta perluasan wawasan pengetahuan, alih teknologi, peningkatan ketrampilan, dalam mendukung peningkatan kualitas sumber daya manusia untuk peningkatan kesejahteraan dan perbaikan lingkungan hidup.

 

III.         PROGRAM BIDANG EKONOMI

  1. Menyelenggarakan pembangunan ekonomi masyarakat dari bawah dengan pendekatan multi level dan multi sektor serta kerjasama dengan semua fihak yang memiliki perhatian dengan asas keilmuan menuju tercapainya keswadayaan, kemandirian dan kesinambungan.
  2. Mengembangkan usaha-usaha yang dapat meningkatkan sumber daya manusia dalam menjalankan usahanya di bidang agrobisnis, melalui penerapan teknologi yang tepat guna untuk memanfaatkan sumber daya alam dan lingkungan hidup.
  3. Menumbuhkan, sumbangan peran serta masyarakat dalam pembangunan ekonomi melalui kegiatan produktif menuju pemberdayaan masyarakat yang berswadaya secara berkesinambungan.

 

IV.         PROGRAM BIDANG PENGEMBANGAN MASYARAKAT

  1. Berupaya untuk membentuk kehidupan sosial ekonomi dengan cara menggerakkan dan menghidup suburkan amal tolong menolong dalam kebajikan dan taqwa, dengan asas saling memberikan manfaat melalui kegiatan pengembangan masyarakat.
  2. Menyelenggarakan penelitian terhadap masalah-masalah sosial dan masalah-masalah yang berkaitan dengan ekonomi kerakyatan, termasuk studi evaluasi proyek-proyek dalam bidang sosial ekonomi dan evaluasi terhadap lingkungan. Kegiatan ini dilaksanakan dalam upaya mengkaji hasil-hasil penelitian, pengalaman-pengalaman dalam upaya perluasan wawasan, pengkajian kebijakan, pengkajian metode-metode dan strategi pembangunan masyarakat.
  3. Pengembangan Usaha-usaha jasa dan perdagangan, industri kecil dan pertanian rakyat dengan menciptakan terbentuknya posisi runding dan kekuatan runding usaha-usaha kecil. Untuk itu kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan upaya mempersempit kesenjangan yang terjadi di dalam pengembangan usaha-usaha di atas akan dijadikan perhatian utama.
  4. Menjadi kewajiban pimpinan organisasi untuk meningkatkan ukhuwah Islamiyah antara elemen organisasi secara lebih konkrit, dengan menangani program terpadu seperti dakwah, pengembangan masyarakat, ketrampilan terpadu.
  5. Melaksanakan kegiatan Praktek Kerja Dakwah (PKD) mahasiswa STIT Pemalang dengan masyarakat umum di wilayah karisidenan Pekalongan sebagai upaya menjalin hubungan kekeluargaan dan pembekalan dakwah.
  6. Perlu ditingkatkan hubungan dan kerjasama dengan pemerintah, organisasi profesi serta instasi swasta lainnya sebagai upaya pengembangan organisasi pada program penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan seperti Taman Penitipan Anak (TPA) terpadu, Pemberdayaan anak Jalanan dan Pedagang Asongan, pembentukan Balai Latihan Kerja, pembentukan Pos Pelayanan Kesehatan, dll.

 

V.           Bidang Dana dan Fasilitas organisasi

  1. Dana adalah pendukung pelaksanaan program dan kelancaran tugas rutin pengelolaan organisasi, maka perlu diusahakan penataan bersama antara penyelenggara dengan pengelola organisasi untuk bersama-sama menyusun RAPP yang kemudian dapat ditaati dan dilaksanakan secara bertanggung jawab.
  2. Masih menjadi kendala penggalian dana melalui zakat, infaq dan shadaqah di lingkungan warga masyarakat, sehingga diperlukan pendekatan secara baik dan meyakinkan, dengan manajemen, prosedur / langkah-langkah yang benar, dan rencana penggunaan yang jelas.

 

DITETAPKAN DI    : PEMALANG

PADA TANGGAL   : 4 Agustus 2016

 ——————————————–

YAYASAN LP2SDKI PEMALANG

 

 

Ketua,                                                                                              Sekretaris,

 

 

 

Drs. H. BAMBANG AGUS ROHIM                                   B  A  E  D  O  W  I