Profil UKM LDK

Profil UKM LDK

Category : Berita

Muqodimah

Berbicara tentang LDK, kita akan banyak berbicara pada tiga hal, yakni lembaga, dakwah,dan kampus. Lembaga adalah bentuk representatif dari sebuah kelompok yang bergerak bersama untuk sebuah tujuan. Dakwah adalah aktifitas yang dilakukan dan kampus adalah sasaran atau dari aktifitas yang dilakukan.

Lembaga Dakwah Kampus (LDK) Al-Fathin STIT Pemalang merupakan aktualisasi para aktivis dakwah kampus (ADK) yang mempunyai komitmen untuk mewujudkan kehidupan kampus yang Islami. Dengan menginternalisasikan nilai-nilai keislaman di lingkungan kampus dan masyarakat secara umum dengan dimensi-dimensi dakwah. Dimensi-dimensi itu yakni: dakwiy (syi’ar dan kaderisasi), khidamy (pelayanan), faniy(keprofesian), dan sya’bi (kemasyarakatan). Dengan LDK ini, para aktivis dakwah mencoba mensinergikan setiap dimensi ini dan mengemas dengan strategi serta merencanakan pengembangan keempat dimensi LDK tersebut dalam mewujudkan tegaknya kalimat Allah di dalam kampus. Senantiasa berusaha menebarkan syi’ar Islam untuk membangun kaulitas pribadi dan umat yang robbaniyah. Secara kelembagaan LDK Al-Fathin berada dibawah koordinasi koordinasi Pembantu Ketua III Bidang Kemahasiswaan

Lembaga Dakwah Kampus (LDK) Al-Fathin telah bergulir selama Lima tahunan. Pada tanggal 11 Juni 2008 terbentuklah LDM (Lembaga Dakwah Mahasiswa), satu tahun kemudian tepatnya pada tanggal 31 Mei 2009 berdasarkan Musyawarah Akbar (Musyak) II LDM, maka ditetapkan dengan perubahan menjadi Lembaga Dakwah Kampus (LDK) STIT Pemalang dengan nama “Al-Fathin”.

Dalam perjalanannya selama ini LDK Al-Fathin telah mampu membentuk dan membangun kerjasama dan jaringan baik dengan pihak birokrasi kampus maupun UKM serta lembaga kemahasiswaan lainnya. Sampai saat ini kita telah meningkatkan prestasi sampai tingkat daerah maupun nasional. Yakni dengan ikut berperan aktif dalam berbagai rangkaian acara dari Forum Silaturrahim Lembaga Dakwah Kampus Daerah (FSLDKN) di Ambon, Jaringan Muslimah Daerah (Jarmusda) Pemalang . Beberapa kali juga berperan akitf dalam berbagai acara Forum Silaturrahim Lembaga Dakwah Kampus Nasional (FSLDKN) XIV di ITB Bandung tahun 2012 dan dengan mengikuti Musyawarah Nasionalisasi Mentoring Islam, Puskomdays FSLDKN bulan juli 2008 di Universitas Islam Bandung (UNISBA), FSLDK di UPS Tegal dan pada tahun 2013 ini terdapat beberapa agenda sebagai bentuk partisispasi aktif LDK diantaranya acara Gebyar Ramadhan in Campus bersama Forum Komunikasi Rohis (FKR) Kab. Pemalang, dan sebagainya.

Dasar Pemikiran

“Dengan menyebut nama Allah Yang Maha pengasih dan Maha Penyayang”

“Dan hendaklah ada diantara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma’ruf dan mencegah dari yang munkar. Merekalah orang- orang yang beruntung “ (QS. Ali Imron : 104)

“Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berperang di jalan-Nya dalam barisan yang teratur seakan-akan seperti sebuah bangunan yang tersusun kokoh “ (Qs. Ash-Shof: 4)

“Serulah (manusia) ke jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara baik. Sesungguhnya Tuhanmu, Dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk. Akan tetapi jika kamu balas maka balaslah dengan balasan yang sama dengan siksaan yang ditimpakan kepadamu. Akan tetapi jika kamu bersabar sesungguhnya itulah yang terbaik bagi orang-orang yang bersabar. Bersabarlah (hai Muhammad) dan tidaklah kesabaranmu itu melainkan dengan pertolongan Allah dan janganlah kamu bersedih hati terhadap (kekafiran) mereka dan janganlah kamu bersempit dada terhadap apa yang mereka tipudayakan. Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang bertaqwa dan orang-orang yang berbuat kebajikan” (Q.S An-Nahl: 125-128)

Visi

Sebagai wadah positif bagi mahasiswa STIT Pemalang untuk melahirkan kader-kader yang robbaniyah, ilmiyahdan professional.

Misi

  1. Menghimpun, membina, memberdayakan dan mengarahkan mahasiswa guna meningkatkan kualitas ruhiyah, fikriyah, jasadiyah dan perannya di kampus STAIN Salatigaserta masyarakat secara luas.
  2. Menyebarkan nilai-nilai Islam dalam mewujudkan kampus yang Islami.

SUSUNAN PENGURUS LDK Al-FATHIN

STIT PEMALANG MASA BAKTI 2013- 2014

  1. Ketum                                    : Dartam
  2. Wakil                                      : Komarudin
  3. Sekum                                    : Siti Amaliyah

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.